Minggu, 22 September 2013

hello Mazda, ZOOM ZOOM!

Masih ingat postingan ini

Mau share pengalaman yaa slama kerja disana. Ternyata lumayan seru juga kerja di dealer mobil, salah satunya bisa liat mobil² kece, keren, canggih kekinian. Dan tak dipungkiri mobil-mobil ini jadi penyumbang kemacetan di Bandung, ahaha eh salahin brand mobil sebelah aja yg penjualannya bisa ratusan unit per bulannya! 


Lovestruck deh sama All New Mazda6 Soul Red
 aheyy!! Baru launching beberapa bulan yg lalu. Kantor saya sebagai Receiving Dealer dapat mobil ini, seneng deh pas ini mobil mendarat anggun di kantor. Hari selanjutnya si seksi merah ini di check PDI - di kasih paint protection, dipajang di pameran, dan akhirnya jadi Test Car!


So, saya kerja sebagai Admin Service merangkap kasir-tax (¬_¬ ) capee? Bangeddd! Double kerjaan gini. Kerjaan saya akan mencapai di puncak superbb sibuknya ketika menuju tanggal 25-an menuju tanggal 10 di bulan slanjutnya. Tanggal sisanya terkadang saya bingung mau ngerjain apa, palingan input claim Free Service-claim PDI
(saking udah beres smuanya, udar ider sajalah di Bengkel liatin mobil² pada di service oh atau liatin sales² yg ehemmm :p )

Seru.. !!! Saya jadi tau perjalanan historical sebuah mobil itu gimana, mulai dari check Pre Delivery Inspection (PDI) - Delivery Order (DO) - claim Free Service 1.000 KM - Service Reguler per 5.000 KM - claim Free Service 10.000 KM semuanya terekam dalam satu sistem, tinggal search no VIN-nya aja (red. Vehicle Identification Number a.k.a nomor rangka kendaraan) ntar keliatan mobilnya pernah service di dealer mana.

Jadi, hapal dongss yaa kalo mobil CX5 itu no rangkanya JM6KE1071, MZD2 CBU Jepang JM6DE atau CBU Thailand MM6DE, biante JM6LY, dll.. Mobil lainnya lupa lagi, ahaha..

Mari saya jelaskan. Jadi kantor saya itu kan group dealer, berpusat di Jaktim kemudian cabang lainnya ada di wilayah Jabar. Di Bandung ada 2 dealer, Bogor, Cirebon, dan yg terbaru ada di Cibubur. Hmm ya, ya, ya..

Nah setiap bulan masing² dealer ini dikasih ready stock car dari MMI (@MazdaMotorID). Terkadang si dealernya juga order khusus ke MMI untuk tipe mobil tertentu yg diminta customer. Untuk mobil tertentu terkadang kudu inden lamaa, eh tapi kalo inden jarang terjadi sih paling seringnya sih cross selling sesama dealer.
Misal sang customer mau beli Mazda2 HB R A/T colour True Red di dealer A tapi dealer A tsb gak punya stoknya. Karena kita satu group (dealer A, B, C, D, E) ternyata di dealer B punya mobil dgn tipe yg dimaksud dealer A jadi kedua dealer itu harus melakukan cross selling.

Nah kalo udah cross selling kayak gini, lumayan ribet masukin data ke warranty WRS-nya karena utk input Owner Registration itu harus menggunakan account si Receiving Dealer.

Nah tugas saya adalah menginput data² New Car mulai dari data customernya hingga PDI checklist (pemeriksaan engine, eksterior, interior, audio, dll) ke sistem warranty WRS (web reporting system).

Kalo liat kasus di atas berarti saya kudu input 
Owner Registration dengan menggunakan account dealer B. Kalo input claim PDI-Free Service menggunakan account dealer bersangkutan dimana prosesnya dilakukan karena menyangkut piutang yg harus di claim ke MMI.

Keliatannya simple agak sedikit ribet yaa? Ya begitulahh.. Kadang suka kesel ada mobil yg mau claim kupon Free Service 1.000KM ternyata pas di input no VINnya, mobil tsb udah di PDI di dealer B tapi dealer B belum input 
Owner Registration jadinya saya belum bisa claim Free Service jadi harus minta ke admin dealer B untuk input Owner Registration dulu baru saya bisa input Free Service-nya..

Saya sih menyarankan yaa kalo beli mobil di dealer A, nah kalo bisa service pertama itu di dealer A aja jangan di dealer lain. Ntar adminnya ribet ngeinput historical service-nya, ahaha.. Soalnya data² si customer pasti ada di dealer dimana dia beli mobilnya.

Masih mending kalo yaa satu group, terkadang ada mobil yg beli di dealer Jakarta beda group, trusnya si mobil service di dealer Bandung mungkin pas lagi liburan. Nah iyaa kalo si dealer Jakarta itu udah ngeinput history PDI dan OR jadi saya bisa sukses jayaa input claim FS nah ini terkadang belum di input. Errr, syukaa maless kudu nelp dealer bukan satu group ~ ~ ~(\ ‾o‾)/

Ditambah pula ada customer yg kekeuh jayaa bin gak ngerti syarat dan ketentuan kupon Free Service yg bisa di claim..

Free Service I -> max 2 bulan dari tanggal DO atau kilometernya 0-1.500 KM
Free Service II -> max 7 bulan dari tanggal DO atau kilometernya 1.500 KM - 12.000 KM

Ada customernya yg kilometernya baru 5000 skian dia udah pake kupon FS II.. Ini sih gak masalah. Kalo kilometer dia udah mencapai skitar 10.000 km tapi pas service mobilnya udah lebih dari 7 bulan nah ini yg masalah.. Gak bisa di claim Щ(ºДºщ) sistemnya nolak.. Zzzzz!!

Ujung-ujungnya jadi piutang outstanding. Jadi kudu koordinasi sama Service Advisornya, kalo ada yg mau service kasih data no VINnya dulu, di check ke sistem, ya meminimalisir Outstanding Piutang.
Cukup bergejolak? Iyaa karena saya merangkap kasir jugaa, ngitung - setor uang cash hasil pembayaran customer yg service per harinya.. Awal bulan kudu ikutan juga ngitung stock sparepart-material ~ yaa menurut ngana, benciiikkk part ini.. Atulahhh ~ banyak bangett kan sparepart di gudang.. (˘̯˘ )​( ˘˘̯) ​

Huaaa, kerja disini memberikan banyak skali pengalaman ~ ambil hikmahnya, telan pahitnya.. Dan mari beli mobilnya, lhaa.. 
 

Aku syukaaa CX5 Sky Blue, Biante Chrystal White Pearl, Mazda2 HB True Red, Mazda6 Soul Red.

Jadi kangen kan sama semua tim Service, Sales, Admin.. Semuanyaaa.. 
Hectic bareng² dikala akhir bulan.. (۳˘̶̀▼˘̶́)۳" Superbb kangen jayaaa MZD BDG2 :")

Sincerely,

2 komentar: